Sabtu, 01 Januari 2011

Brokoli Krispy dengan Saos worteL

Awal 2011 aku awali dengan memasak, aikaikaik :P

kali ini aku mengkrispy brokoli, setelah beberapa bulan yg lalu sempat mengkrispy jamur.

Bahan:
brokoli krispy
brokoli, tepung terigu + tepung bumbu, garam, minyak goreng - telor tidak jadi digunakan karena akan menyerap banyak minyak dan berefek tidak mengkrispikan, hehe
saos wortel
saos pedas dan saos bangkok, garam sedikit, bawang putih dan bawang bombay, wortel, air untuk melunakkan wortel


Cara bikin krispy:
setelah brokoli dipotong-potong, cuci bersih dan tiriskan.
bikin adonan encer antara air dan tepung terigu yang sedikit diberi garam, lalu masukkan satu per satu brokoli ke adonan, lalu ke tepung kering (tepung terigu + tepung bumbu),
diamkan sebentar agar tepung benar2 melekat ke brokoli,
lalu goreng hingga kering dengan api sedang.


cara bikin saos wortel:
iris dadu kecil-kecil wortel yg telah dicuci, sisihkan.
cincang halus bawang putih dan iris melintang bawang bombay.
siapkan penggorengan dg sedikit minyak, lalu tumis bawang putih lalu bawang bombay,
setelah harum, masukkan saos pedas dan bangkok, lalu oseng..
masukkan wortel dan aduk..
masukkan air untuk melunakkan wortel, dan tambah sedikit garam dan air tepung untuk sedikit mengentalkan (seharusnya air tepung sagu biar lebih enak)
setelah mendidih dan wortel telah lunak, angkat dan sajikan.


penyajian:
tata brokoli krispy diatas piring, lalu siram dengan saos wortel.
cara lain, cocolkan brokoli krispy ke saos wortel yang kental.
Hmmm...rasakan sensasinya..
masakan ini bisa disajikan sebagai lauk maupun cemilan..


Selamat mencoba & Happy new Year alll...... :))

by: kemayu

4 komentar:

septika mengatakan...

aq jg pernah coba ma pake bumbu jg bawang putih ma lada d halusin buat campuran adonan encer brokoli... hasilnya... uenak g usah pake saus udah enak... hihihihihi...

K E M A Y U mengatakan...

hohoho iya ya ... boleh2! :))

dweema mengatakan...

klo brokoli di goreng itu jadi krispy bgt ga?trus tahan brapa lama tuh??
nice info nih

K E M A Y U mengatakan...

kalo produksi keluarga, setauku gag terlalu krispy say, pas anget aja krispynya,
rasanya jadi ky bakwan gitu,
kalo krispy jamur, kaya ayam/kulit gitu rasanya, dan krispynya lebih tahan lama,
biasanya kalo mau yg krispy banget, ditambahin baking soda say ditepungnya,

slamt mencoba!

Posting Komentar

thx for visiting

best regards,
kemayu